PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SDN KEAGUNGAN 05
Kata Kunci:
Hasil Belajar., Matematika, Materi Perkalian, Media Pembelajaran Teka-Teki SilangAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN Keagungan 05 pada pembelajaran matematika. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan penerapan media pembelajaran Teka-Teki Silang. Jenis penelitian ini yaitu ptk dengan dua siklus, yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, dan setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Keagungan 05 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari perolehan setelah melakukan tindakan Siklus 1 bahwasanya yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM (Nilai Tuntas) yaitu 18 siswa dengan persentase sebesar 60%, dan yang belum mencapai KKM (Nilai Tidak Tuntas) yaitu 12 siswa dengan persentase sebesar 40%. Persentase hasil belajar siswa setelah melakukan tindakan Siklus 2 meningkat bahwasanya yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM (Nilai Tuntas) yaitu 27 siswa dengan persentase sebesar 90%, dan yang belum mencapai KKM (Nilai Tidak Tuntas) yaitu 3 siswa dengan persentase sebesar 10%. Maka persentase kenaikan hasil belajar siswa pada Siklus 1 dan Siklus 2 yaitu sebesar 30%.