PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MATERI SUMBER ENERGI GERAK PADA SISWA SD NEGERI TANJUNG DUREN SELATAN 05
Kata Kunci:
Disiplin Belajar, Hasil Belajar, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)Abstrak
Disiplin dalam kelas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan belajar siswa. Disiplin belajar merupakan aspek penting dalam keberhasilan siswa di sekolah. Penelitian ini menguji pengaruh disiplin akademik terhadap perolehan pengetahuan ilmiah siswa kelas empat di SD Negeri Tanjung Duren Selatan 05. Siswa takut terhadap kelas sains karena merupakan ilmu eksakta, dan ada faktor lain yang mungkin mempengaruhi kinerja mereka dalam sains. Karena peneliti tidak mengelola atau mengubah variabel independennya, maka penelitian ini merupakan contoh penelitian kuantitatif ex post facto. Ada dua kategori variabel dalam penelitian ini: independen dan dependen. Dalam penelitian ini disiplin belajar X menjadi variabel bebas. Skor penilaian IPA (Y) dijadikan sebagai variabel terikat. Pengambilan sampel dengan tujuan tertentu dilakukan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa thitung = 7,610 untuk variabel (X) dan (Y) sehingga dicari ttabel dengan a= 5% sehingga menghasilkan ttabel = 2,059. Karena 0,000, 0,05 signifikan secara statistik dan 7,610 > 2,059. Siswa kelas 4 SD Negeri Tanjung Duren Selatan 05 Jakarta Barat menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPA, maka H1 diterima dan H0 ditolak.