PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS STUDI KASUS LEARNING DISABILITY

Penulis

  • Siti Aisah Universitas Primagraha
  • Ratu Sohifatul Islami Universitas Primagraha
  • Mar'ah Universitas Primagraha
  • Sastra Wijaya Universitas Primagraha

Kata Kunci:

Anak Berkebutuhan Khusus, Kesulitan Belajar

Abstrak

ABSTRAK                                                                                                            

 

Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah pembelajaran  yang dilaksanakan dengan melibatkan strategi, metode/teknik, evaluasi serta berbagai media pembelajaran yang secara variatif telah ditentukan sesuai kebutuhan peserta didik. Fokus pada penelitian ini adalah anak yang berkesulitan belajar. Anak pada kasus ini merupakan anak yang dalam melakukan aktivitas biasa tidak semampu anak seusianya. Berdasarkan hal ini, pengetahuan mengenai anak berkesulitan belajar bagi para pendidik sangat penting, agar kesalahan penanganan tidak terjadi pada mereka, baik karena ketidakmampuannya dalam hal membaca, menulis, maupun berhitung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif, dengan subjek penelitian adalah 1 orang siswa dan 1 orang guru kelas 2 SKH ELMYRA SHANUM Sumur pecung Serang. Data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dianalisis hingga dapat dideskripsikan hasilnya berupa suatu kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengamati partisipasi warga sekolah dalam pelaksanaan program pendidikan inklusif di SKH ELMYRA SHANUM (2) Mengetahui jenis kesulitan belajar yang dihadapi siswa berkebutuhan khusus. Hasil penelitian adalah (1) partisipasi warga sekolah dalam pelaksanaan program pendidikan inklusif di SKH ELMYRA SHANUM sangat baik. partisipasi warga sekolah dalam keputusan program pendidikan inklusif di sekolah/Satuan Pendidikan juga sudah baik dengan melibatkan semua pihak. Warga sekolah juga melibatkan orang tua siswa. Warga sekolah dan orang tua siswa memberikan pendapat mengenai perencanaan program, penyampaian pendapat tersebut dilakukan melalui rapat yang biasanya diadakan pada awal tahun (2) jenis kesulitan belajar pada siswa berkebutuhan khusus, diantarnya, yaitu berbicara, siswa tidak lancar dalam berbicara, pelafalan kurang jelas, membaca, kurang hafalnya membaca huruf, sulit membedakan huruf.

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01