MEMBANGUN AKSEBILITAS FISIK SERTA PERAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN ANAK TUNANETRA DI SKh AL-KAUTSAR CILEGON
Kata Kunci:
Asksesibilitas Fisik, Siswa Tunanetra, Peran Orang TuaAbstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini bertjuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penyediaan layanan aksesibilitas fisik bagi siswa tunanetra di skh al-kautsar cilegon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa tunanetra di skh al-kautsar cilegon. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptis literatur riview, yaitu analisis data yang berupa kata-kata atau kalimat.hasil penelitian menunjukan bahwa siswa tunanetra skh al-kautsar cilegon memiliki kemampuan yang cukup baik dalam berinteraksi pada lingkungan sekolah kemudian dari pihak orang tua juga sangat berpengaruh terhadap pembelajaran siswa di sekolah sejak jenjang pendidikan di SD. Layanan aksesibilitas fisik yang dimiliki skh al-kautsar cilegon sudah cukup optimal, sudah banyak area yang mendukung dan dapat digunakan anak tunanetra. Sekolah sudah memiliki goiding block yang belum merata pada lantai dua, tongkat, dan brail untuk di gunakan pada anak tunanetra.