IMPLEMENTASI MODEL ATIK DALAM KEGIATAN FUN COOKING DI TK ASMAUL HUSNA

Penulis

  • Sri Daryani Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Dhiah Anjarwati Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi

Kata Kunci:

Model ATIK, Fun Cooking, TK

Abstrak

Kegiatan Fun Cooking adalah salah satu kegiatan yang banyak membangun perkembangan anak, baik akhlak atau karakter, kecerdasan dan juga keterampilan hidup anak. Setiap kegiatan dalam Fun Cooking menjadi hal yang perlu diamati. Dalam proses Fun Cooking dengan menerapkan implementasi metode ATIK akan dilihat mulai dari awal kegiatan anak mengolah bahan makan yang akan dimasak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi model ATIK dalam kegiatan Fun Cooking murid TK Asmaul Husna yang berjumlah 12 anak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan siklus, yang terdiri dari 4 langkah yaitu: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan/observasi, 4. Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keberhasilan anak dalam kegiatan Fun Cooking meningkat. Tingkat ketercapaian kelas pada siklus I adalah 50 % (2 anak dari 12 anak berhasil mengamati, meniru dan kerjakan). Pada siklusĀ  ke-2 meningkat menjadi 88 % (9 anak dari 12 anak yang berhasil dengan kegiatan Amati, Tiru dan Kerjakan). Dengan demikian model ATIK dapat diimplemetasikan pada kegiatan Fun Cooking untuk anak TK.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01