IMPLEMENTASI METODE PENGUATAN AKHLAK DALAM PENGUATAN NILAI MORAL SISWA NURUL GHOSYIYAH CIPUTAT TANGERANG SELATAN
Kata Kunci:
Pendidikan, Akidah Akhlak, Moral, ImplementasiAbstrak
Di dalam pendidikan ada beberapa mata pelajaran yang dipelajari oleh siswa yang berkaitan dengan nilai moral pada setiap individu seseorang, salah satunya mata pelajaran aqidah akhlak, namun banyak peserta didik yang menganggap pembelajaran Akidah Akhlak hanya sebatas materi pembelajaran dan tidak memperhatikan setiap nilai moral, seperti nilai ibadah dan hubungan antar manusia. Adapun metode penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun sumber data diperoleh dari data primer melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder dari dokumentasi sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawanacara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknis analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini ditemukan hasil penelitian bahwasannya dalam implementasi penguatan nilai moral meliputi 2moral yaitu religius dan toleransi. Moral religius meliputi pembiasaan beribadah dan pembiasaan sopan dan santun. Metode yang diterapkan meliputi 3 metode. Pertama, metode latihan dan pembiasaan. Kedua, metode bimbingan intensif. Ketiga, metode memberi nasehat.