ANALISIS KONTEN PENILAIAN BERBAHASA (Budaya, Pola Pikir, Kosakata, Terminologi dan Struktur)

Penulis

  • Rani Puspita UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Nur Rohman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Azis Ramadhan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Penilaian Pembelajaran, Analisis Konten Penilaian, Bahasa Arab

Abstrak

ABSTRAK                                                                                                            

 

Penilaian pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam sistem pendidikan.  Penilaian merupakan salah satu sarana untuk menentukan keberhasilan siswa dalam proses pendidikan.  Analisis konten penilaian hendaknya dilakukan, karena dapat diketahui informasi kualitas materi yang diujikan.  Informasi ini memberikan panduan bagi guru untuk memahami elemen-elemen yang berkaitan dengan persiapan, penggunaan, dan pengembangan tes.  Pada artikel ini penulis mencoba menganalisis konten soal bahasa Arab UAMBN MTs tahun pelajaran 2020/2021 serta contoh soal bahasa arab yang penulis buat ditinjau dari aspek budaya, pola pikir, kosakata, struktur, dan terminologi.  Penulis menemukan bahwa konten penilaian  bahasa Arab beragam, terutama pada aspek budaya, pola pikir, kosakata, struktur, dan terminologi.  Termasuk soal UAMBN Bahasa Arab MTs tahun pelajaran 2020/2021.  Konten budaya dan pola pikir berjumlah 6 soal. Konten kosakata berjumlah 19 soal, konten terminologi berjumlah 7 soal, dan konten struktur berjumlah 8 soal.

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01