UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KOTAK ALFABET DI TK KASIH TIARA NUSA BORONG

Penulis

  • Maria Grensiana Jelinda Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Kata Kunci:

Keaksaraan, Kotak Alfabet, Anak Usia Dini

Abstrak

ABSTRAK                                                                                                            

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal keaksaraan anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Rahong Utara dengan indikator pencapaian perkembangan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun yaitu, menyebut simbol- simbol huruf yang dikenal (vokal dan konsonan), mengenal suara huruf awal dan nama- nama benda yang ada di sekitarnya, menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama, memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf, membaca nama sendiri, menuliskan nama sendiri. Kriteria keberhasilan dalam tindakan ini dapat dikatakan berhasil apabila mencapai 85% dengan skala BSH. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil penggunaan media kotak alfabet dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal pada anak usia 5 – 6 tahun di TK Negeri Rahong Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Rahong Utara yang berjumlah 17 orang anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Tahap-tahap penelitian ini dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas menurut Kemmis & Mc Taggart yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Sumber data atau bahan yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari instrumen penelitian dan lembar penilaian anak selama proses penelitian berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil penggunaan media kotak alfabet dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal pada anak usia 5 – 6 tahun di TK Kasih Tiara Nusa Borong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Tiara Nusa Borong yang berjumlah 17 orang anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Tahap-tahap penelitian ini dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas menurut Kemmis & Mc Taggart yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Sumber data atau bahan yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari instrumen penelitian dan lembar penilaian anak selama proses penelitian berlangsung.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa media kotak alfabet terbukti mampu meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun. Hal tersebut dibuktikan dengan capaian perkembangan anak yang dibagi dalam tiga tahapan yaitu; tahap pra tindakan, siklus 1 dan siklus 2. Data pra tindakan menunjukkan bahwa, secara klasikal dari 17 orang anak terdapat 2 orang anak yang mencapai kategori belum berkembang (BB) dengan persentase 12%, 7 orang anak yang mencapai kategori mulai berkembang (MB) dengan presentse 41%, 3 orang anak yang mencapai kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan persentase 18%, dan 5 orang anak yang mencapai kategori berkembang sangat baik (BSB) dengan presentase 29%. Setelah diberi tindakan pada siklus 1 secara klasikal menunjukkan bahwa dari 17 orang anak, terdapat 6 orang anak yang mencapai kategori mulai berkembang (MB) dengan presentase 35% dan 11 orang yang mencapai kategori berkembang sesuai harapan(BSH) dan berkembang sangat baik (BSB) dengan presentase 65%. Setelah diberi tindakan pada siklus 2 terjadi peningkatan yang signifikan yaitu, dari 17 orang anak terdapat 12 orang anak yang masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan presentase 71% dan 5 orang anak yang masuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSB) dengan presentase 29%. Jumlah presentase capaian anak setelah siklus 2 adalah 100%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media media kotak alfabet dalam pembelajaraan dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di TKKasih Tiara Nusa Borong.

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01