EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Heni Marlina Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Hilda Meida Rohimatu Sa'adah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Laras Aszahra Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Rosalina Dewi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yayan Alpian Universitas Buana Perjuangan Karawang

Kata Kunci:

Media, Digital, Sekolah

Abstrak

ABSTRAK                                                                                                            

 

Pendidikan memanfaatkan teknologi digital untuk menunjang kegiatan pembelajaran pengajaran melalui media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis digital di sekolah dasar. Media pembelajaran berperan sebagai perantara antara guru dan siswa, menyampaikan informasi dan materi pelajaran dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami. Metode penelitian yang digunakan adalah SLR (Systematic Literature Review), SLR (Systematic Literature Review) merupakan istilah yang digunakan yang merujuk pada metodelogi penilitain riset tertentu dan pengembangan yang dilakukan untuk mengumpulkan serta mengevaluasi penelitian yang terkait pada fokus topik tertentu. Artikel yang digunakan Dalam penelitian ini terdapat sepuluh artikel jurnal nasional yang telah lolos kriteria yang ditentukan peneliti pada periode 2018-2023. Media pembelajaran digital yang dapat digunakan siswa SD dalam pembelajaran tematik antara lain aplikasi Canva, grup WhatsApp, dan Google Classroom yang didukung dengan animasi, video pembelajaran, PowerPoint, serta komik digital dan flipbook.

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01