MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI LITERASI DIGITAL DALAM MENGHADAPI PENDIDIKAN ABAD 21

Penulis

  • Vina Astuti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Cucu Agustiani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Mona Saputri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Annisa Pertiwi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yayan Alpian Universitas Buana Perjuangan Karawang

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Literasi Digital, Kemajuan Teknologi Pendidikan

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan upaya sadar dan terencana yang dilakukan manusia untuk memberdayakan dan membimbing peserta didik dengan tujuan membentuk karakter peserta didik. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan memberikan banyak kemudahan seperti meningkatkan kemampuan belajar siswa dan mempermudah akses siswa dalam belajar. Namun apabila pemanfaatannya tidak diimbangi dengan penanaman pendidikan karakter maka akan terjadi kemunduran nilai-nilai karakter. Oleh karena itu, pemahaman dan pemanfaatan literasi digital perlu ditingkatkan untuk membentuk nilai-nilai karakter peserta didik di abad ke-21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat literasi digital dalam menumbuhkan dan membangun karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan sumber data diperoleh dari hasil analisis jurnal. Hasil analisis penelitian adalah dalam membentuk karakter siswa di abad 21, literasi digital mempunyai peranan penting karena siswa cenderung tertarik pada hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan media sosial yang dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai wadah untuk membangun. nilai karakter siswa. Kesimpulan penelitian adalah dalam pemanfaatan literasi digital diperlukan pengawasan guru dan orang tua dengan memberikan batasan kepada siswa agar terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01