MENGAPLIKASIKAN TEORI VAN HIELE PADA PEMBELAJARAN BANGUN GEOMETRI SEGIEMPAT

Penulis

  • Nita Fauziah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Windi Oktavia Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yayan Alpian Universitas Buana Perjuangan Karawang

Kata Kunci:

Teori Van Hiele, Hasil Belajar, Pembelajaran Geometri

Abstrak

Tujuan observasi ini adalah unutuk mengetahui dan memahami tingkat berpikir pada anak mengenai pembelajaran bangun geometri berdasarkan teori Van Hiele sehingga dapat mengoptimalkan pada hasil belajar anak yang lebih baik lagi dan pengaruh penggunaan teori Van Hiele. Observasi ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan dilaksanakan di salah satu daerah Karawang di SDN Belendung III, dengan jumlah sampel 3 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode yaitu metode observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan secara tringulasi sumber yaitu sumber dengan cara membandingkan data yang diperolah melalui observasi antara informasi yang satu dengan yang lainnya. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil pada observasi ini adalah bahwa subjek dari nilai tertinggi berada pada tingkat 3 abstraksi dan nilai terendah berada pada tingkat 2 analisis berdasarkan teori Van Hiela sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan pembelajaran menurut teori Van Hiele dapat mencapai tujuan belajar yang optimal.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01