MAKNA PEMBELAJARAN MELALUI BERBAGAI TIPE GURU DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN
Kata Kunci:
Filsafat Pendidikan, Pembelajaran, Tipe guruAbstrak
ABSTRAK
Tujuan ditulisnya makna pembelajaran melalui berbagai tipe guru dalam perspektif filsafat pendidikan adalah untuk mendeskripsikan secara kritis makna pembelajaran melalui tipe-tipe guru yang berkaitan dengan filsafat pendidikan. Metode dalam kajian ini adalah penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian ini adalah buku dan jurnal yang relevan dengan pembelajaran, tipe-tipe guru, filsafat, dan filsafat pendidikan. Teknik analisis dalam kajian ini adalah analisis tematik. Hasil penelitian diperoleh penjelasan terkait filsafat pendidikan, pembelajaran dan tipe guru yang dimana Pembelajaran adalah sebagai suatu upaya yang dilakukan pendidik atau guru secara sengaja dengan tujuan menyampaikan ilmu pengetahuan, dengan cara mengorganisasikan dan menciptakan suatu sistem lingkungan belajar dengan berbagai metode sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara lebih optimal. kunci terpenting bagi guru untuk berhasil di kelas mereka, membuat pembelajaran lebih dapat dicapai dan dirasakan oleh setiap siswa adalah dengan memahami filosofi pendidikan dan bagaimana mempraktikkannya di dalam kelas.