EVALUASI EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR; STUDI KASUS SDN PASIRBITUNG
Kata Kunci:
Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran IPS, Kelas IVAbstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada kelas IV IPS di Sekolah SDN Pasirbitung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Jumlah total siswa yang disurvei dalam penelitian ini adalah 30. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa hasil IPS siswa yang belajar keterampilan pemecahan masalah berupa materi sumber daya alam Kelas IV di SDN Pasirbitung. Aspek-aspek yang dinilai dalam penelitian ini meliputi indikator penyelesaian masalah IPS berdasarkan materi pembelajaran yang diberikan Sumber Daya Alam: memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan merefleksikan jawaban yang akan muncul. Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa guru berhasil menerapkan model PBL dengan mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Dengan menggunakan media yang ada disekitarnya, siswa memahami apa yang disampaikan guru. Komunikasi tanya jawab terjadi antara guru dan siswa. Penggunaan strategi membaca dan menulis melibatkan pemberian penghargaan (pujian, nilai, bintang, hadiah bagi siswa), pemberian bahan referensi untuk menemukan jawaban dan solusi pemecahan masalah, serta pembelajaran kelompok dan diskusi siswa, siswa bersemangat untuk belajar dan siswa dapat mempresentasikan hasil jawabannya di depan kelas.