PROBLEMATIKA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN 2 SUBANG
Kata Kunci:
KMB, Bahasa Arab, GuruAbstrak
Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) merupakan inovasi pendidikan baru yang diperkenalkan di Indonesia. Namun, implementasinya dalam pelajaran Bahasa Arab di MTsN 2 Subang tidak selalu berjalan mulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai problematika yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan KMB pada pelajaran Bahasa Arab di MTsN 2 Subang. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dengan guru-guru Bahasa Arab, observasi pembelajaran, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sejumlah tantangan yang dihadapi oleh guru, termasuk pemahaman yang belum sepenuhnya matang terkait KMB, ketersediaan sumber daya yang terbatas, serta kurangnya pelatihan yang memadai. Penelitian ini juga mengidentifikasi upaya yang telah dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi pengembangan implementasi KMB dalam pembelajaran Bahasa Arab di tingkat SMP serta membantu peningkatan kualitas pendidikan di MTsN 2 Subang.