PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN INSTAGRAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Penulis

  • Marsyita Azzahra Universitas Negeri Makassar
  • Sella Mawarni Universitas Negeri Makassar

Kata Kunci:

Media Sosial, Konten, Sumber Belajar, Akun Edukatif

Abstrak

Perkembangan teknologi digital menjadikan media sosial seperti TikTok dan Instagram tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga sumber belajar bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan kedua platform tersebut sebagai sumber belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan lima subjek yang dipilih secara purposive. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa aktif menggunakan TikTok dan Instagram untuk mencari materi, tutorial, dan inspirasi akademik. TikTok disukai karena kontennya singkat dan visual, sedangkan Instagram dimanfaatkan untuk infografis dan informasi kampus. Kedua platform mendukung pembelajaran mandiri dan sesuai karakter generasi Z, meski masih menghadapi tantangan seperti distraksi dan validitas informasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa TikTok dan Instagram efektif sebagai sumber belajar digital jika disertai literasi digital yang baik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-30