PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 TANJUNGBALAI

Penulis

  • Nurul Fitri Universitas Negeri Medan
  • Salmah Naelofaria Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Time Token, Kemampuan Membaca Puisi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap kemampuan membaca puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan siswa dalam membaca puisi secara ekspresif dan tepat lafal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian berupa tes membaca puisi yang dinilai berdasarkan aspek lafal, intonasi, ekspresi, dan penghayatan. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui signifikansi peningkatan kemampuan membaca puisi sebelum dan sesudah penerapan model Time Token. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca puisi siswa setelah diterapkan model Time Token. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest yang lebih tinggi dibandingkan pretest dan hasil uji-t yang menunjukkan nilai thitung > ttabel pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai.

This study aims to determine the effect of the Time Token learning model on students’ poetry reading ability in Grade X of SMA Negeri 7 Tanjungbalai. The background of this study is based on students’ low ability to read poetry expressively and correctly. The research employed a quantitative method using a pre-experimental one group pretest-posttest design. The subjects were 30 tenth-grade students of SMA Negeri 7 Tanjungbalai. The research instrument was a poetry reading test assessed based on pronunciation, intonation, expression, and appreciation aspects. Data were analyzed using the t-test to determine the significance of the improvement before and after applying the Time Token model. The results showed a significant increase in students’ poetry reading skills after the implementation of the Time Token learning model. This was evidenced by higher posttest scores compared to pretest and a calculated t-value greater than the t-table at a 0.05 significance level. Therefore, it can be concluded that the Time Token learning model has a positive effect on students’ poetry reading ability in Grade X of SMA Negeri 7 Tanjungbalai.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-30