PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BISNIS ANGKATAN 2021 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Kata Kunci:
Keaktifan Berorganisasi, Disiplin Belajar, Kesiapan KerjaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi dan disiplin belajar terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa program studi pendidikan bisnis angkatan 2021 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Bisnis Angkatan 2021, dengan jumlah populasi sebanyak 70 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan berorganisai memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa thitung>ttabel yaitu 2.420>1,996 dan nilai signifikan 0,018<0,05. Demikian pula, disiplin belajar juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja thitung>ttabel yaitu 6,150>1,996 dan nilai signifikan 0,000<0,05. Secara simultan, juga menunjukkan kedua variabel memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesiapan kerja dengan nilai Fhitung>Ftabel (36,955>3,13) dan pada nilai signifikan α<0,05 (0,00<0,05). Temuan ini mengindikasi bahwa Keaktifan Berorganisasi dan Disiplin Belajar merupakan faktor penting yang secara empiris mampu memprediksi peningkatan kesiapan kerja mahasiswa Program Studi Pendidika Bisnis. Oleh karena itu, disarankan agar program studi dan pihak Universitas memperkuat kebijakan yang mendorong partisipasi aktif mahasiswa dan menekankan pentingnya budaya disiplin belajar sebagai upaya strategis untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kesiapan kerja yang optimal di dunia industri.
The study aimed to determine the influence of organizational activity and learning discipline on the job readiness of students in the Business Education Study Program, Class of 2021, Universitas Negeri Medan. This research employed a quantitative approach with a survey method. The population consisted of all 70 students from the Business Education Class of 2021. Multiple linear regression was used as the data analysis technique. The results show that organizational activity has a positive and significant influence on students' job readiness (tcount>ttable, which is 2.420>1.996, with a significance value of 0.018<0.05). Similarly, learning discipline also has a positive and significant influence on job readiness (tcount>ttable, which is 6.150>1.996, with a significance value of 0.000<0.05). Simultaneously, both variables significantly contribute to job readiness, indicated by the Fcount>Ftable (36.955>3.13) and a significance value of α<0.05 (0.00<0.05). These findings indicate that Organizational Activity and Learning Discipline are important factors that empirically predict an increase in the job readiness of Business Education Study Program students. Therefore, it is recommended that the study program and the University strengthen policies that encourage active student participation and emphasize the importance of a learning discipline culture as a strategic effort to produce graduates with optimal job readiness in the industry.




