PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS IX SMP MUTIARA INSANI KAB. TANGERANG
Kata Kunci:
Poster Digital Interaktif, Hasil Belajar Kognitif, Sistem Pencernaan Manusia, Media Pembelajaran, SMPAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media poster digital interaktif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas IX SMP Mutiara Insani, Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media poster digital interaktif dan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes kognitif sebelum dan sesudah pembelajaran, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik untuk melihat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif yang signifikan pada siswa yang belajar menggunakan media poster digital interaktif dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan media konvensional. Dengan demikian, penggunaan media poster digital interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman kognitif siswa terhadap materi sistem pencernaan manusia.
This study aims to determine the effect of using interactive digital poster media on improving students' cognitive learning outcomes on the human digestive system material in grade IX of Mutiara Insani Junior High School, Tangerang Regency. The method used was a quasi-experimental with a pretest-posttest control group design. The research sample consisted of two classes, namely the experimental class that used interactive digital poster media and the control class that used conventional learning media. Data were collected through cognitive tests before and after learning, then analyzed using statistical tests to see significant differences between the two groups. The results showed that there was a significant increase in cognitive learning outcomes in students who learned using interactive digital poster media compared to students who learned using conventional media. Thus, the use of interactive digital poster media is effective in improving students' cognitive understanding of the human digestive system material.