PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BIOTEKNOLOGI MELALUI PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS IX MTS AL RIYADHUL JANAH MAJA

Penulis

  • Fia Sofianajah STKIP Arrahmaniyah
  • Muh. Rais STKIP Arrahmaniyah

Kata Kunci:

Pemahaman Konsep, Bioteknologi, Video Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bioteknologi pada siswa kelas IX MTs Al Riyadhul Janah Maja melalui penggunaan media video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan meliputi tes pemahaman konsep, lembar observasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman konsep siswa, yang ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata tes dari pra-siklus ke siklus II. Respon siswa terhadap penggunaan video pembelajaran juga sangat positif, karena dianggap menarik, mempermudah pemahaman materi, dan meningkatkan motivasi belajar. Dengan demikian, penggunaan video pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep bioteknologi di kelas IX MTs Al Riyadhul Janah Maja.

This study aims to improve the understanding of biotechnology concepts among ninth-grade students at MTs Al Riyadhul Janah Maja through the use of instructional videos. The research method used was Classroom Action Research (CAR) with two cycles, including planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were all 30 ninth-grade students. The instruments used included a conceptual understanding test, observation sheets, and a student response questionnaire. The results showed a significant increase in students' conceptual understanding, as indicated by an increase in average test scores from the pre-cycle to the second cycle. Students' responses to the use of instructional videos were also very positive, as they were considered engaging, facilitated comprehension, and increased learning motivation. Thus, the use of instructional videos has proven effective in improving the understanding of biotechnology concepts among ninth-grade students at MTs Al Riyadhul Janah Maja.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30