PENGALAMAN GURU PEMULA DALAM MENYUSUN MODUL AJAR DI MIS AL-ITTIHAD
Kata Kunci:
Guru Pemula, Modul Ajar, Tantangan Guru, Strategi PembelajaranAbstrak
Seorang Guru memiliki peran yang sangat penting di dalam sebuah pendidikan dan pembelajaran, ia dituntut untuk mampu menyusun Modul Ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan kondisi di sekolah agar proses pembelajaran berjalan dengan efektif sistematis, dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengalaman guru pemula di sekolah MIS Al-Ittihad dalam menyusun modul ajar. Yang dimana secara spesifik, penelitian ini akan menggali tantangan yang dihadapi oleh guru pemula, seperti kesulitan dalam mengintegrasikan komponen modul ajar secara koheren, memilih metode dan media pembelajaran yang inovatif, serta menyesuaikannya dengan karakteristik siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan penjelasan deskriptif naratif yang dimana berfokus pada pengumpulan data melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini yaitu pengalaman guru dalam menyusun modul ajar dan subjek dalam penelitian ini yaitu Guru pemula di sekolah MIS Al-Ittihad. Selain itu, penelitian ini juga akan mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang diterapkan guru pemula untuk mengatasi tantangan tersebut, termasuk melalui diskusi dengan rekan sejawat, kolaborasi dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan pemanfaatan sumber daya digital. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis bagi pihak sekolah dan lembaga terkait untuk mengembangkan program pendampingan yang lebih efektif guna meningkatkan kompetensi guru pemula dalam menyusun modul ajar yang berkualitas.
A teacher has a very important role in education and learning, he is required to be able to compile a teaching module that suits the needs of students and conditions at school so that the learning process runs effectively and systematically, and in accordance with the stated objectives. The purpose of this study is to analyze the experiences of novice teachers at MIS Al-Ittihad school in compiling teaching modules. Specifically, this study will explore the challenges faced by novice teachers, such as difficulties in integrating teaching module components coherently, choosing innovative learning methods and media, and adapting them to student characteristics. This study uses a qualitative research method with a narrative descriptive explanation that focuses on data collection through interviews, observations, and documentation. The object of this study is the teacher's experience in compiling teaching modules and the subjects in this study are novice teachers at MIS Al-Ittihad school. In addition, this study will also identify and analyze the strategies implemented by novice teachers to overcome these challenges, including through discussions with colleagues, collaboration in Subject Teacher Conferences (MGMP), and the use of digital resources. The results of this study are expected to provide practical recommendations for schools and related institutions to develop more effective mentoring programs to improve the competence of novice teachers in compiling quality teaching modules.