PENGARUH PEMBELAJARAN KALIGRAFI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AL QUR’AN PADA REMAJA PPU
Kata Kunci:
Pengaruh Pembelajaran Kaligrafi, Motivasi Belajar Al-Qur’an, Remaja Penajam Paser Utara, Pendidikan Islam, Mtoivasi Dan Belajar ReligiusAbstrak
Dalam menuliskan kaligrafi, secara tidak langsung santri harus membaca sebelum menulis huruf-huruf hijaiyah dengan benar, oleh karena itu pembelajaran kaligrafi bermanfaat dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an terutama membaca dan menulis. Pada proses pembelajaran kaligrafi pada beberapa tempat di kabupaten PPU ini santri masih banyak yang mengalami kesulitan dalam membaca maupun menulis dikarenakan pembelajarannya berbeda dengan pembelajaran pada umumnya, dari cara menulis maupun bentuk huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran kaligrafi terhadap motivasi belajar Al-Qur'an pada remaja di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Kaligrafi sebagai seni menulis huruf Arab tidak hanya memiliki nilai estetika, tetapi juga berperan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan emosional dan spiritual peserta didik terhadap Al-Qur'an. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan 16 responden remaja dari berbagai lembaga pendidikan di PPU. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang mengukur tingkat motivasi belajar sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kaligrafi. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar Al-Qur'an setelah mengikuti pembelajaran kaligrafi, terutama dalam aspek ketekunan membaca, dan keinginan untuk memahami isi kandungannya. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan program pembelajaran kaligrafi yang lebih sistematis dan berkelanjutan sebagai bagian dari pendidikan keagamaan di daerah.