UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) DI KELAS X IIS 4 MAN 1 PADANG LAWAS

Penulis

  • Khorija Satipa Hasibuan STKIP Padang Lawas
  • Kholidah Sitangggang STKIP Padang Lawas

Kata Kunci:

Komunikasi Matematis, Means Ends Analysis (MEA), Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas X IIS 4 MAN 1 Padang Lawas dengan menggunakan model pembelajaran Means ends Analysis (MeA). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas X IIS 4 MAN 1 Padang Lawas yang berjumlah 30 orang siswa. Berdasarkan data Hasil observasi terhadap aktivitas guru tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dari siklus I sebesar 3,33 dan persentase 83,33% berada pada kategori baik dan pada siklus II sebesar 3,66 dan persentase 91,66% berada pada kategori sangat baik. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dari siklus I sebesar 3,25 dan persentase 81,25% berada pada kategori baik dan pada siklus II sebesar 3,62 dan persentase 90,62% berada pada kategori sangat baik. Beradasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang diberikan kepada siswa diperoleh jumlah siswa yang tuntas pada observasi awal sebanyak 8 siswa (21,67%), siklus I sebanyak 17 siswa (56,67%), dan siklus II sebanyak 24 siswa (80%) dari 30 orang siswa. berdasarkan persentase ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan sebesar 35% dari observasi awal ke siklus I. Sedangkan peningkatan persenatse ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 23,33%. Sedangkan peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari observasi awal ke siklus II sebesar 58,33%. Hasil ketuntasan klasikal pada siklus II yaitu 80% telah telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 75%. Selain itu, setiap indikator kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan persentase penguasaan indikator kemampuan komunikasi yang paling baik menjelaskan masalah situasi dengan kata-kata sendiri yaitu sebesar 79,33%. Sedangkan persentase penguasaan indikator kemampuan komunikasi yang paling rendah adalah menjelaskan soal-soal matematika menjadi angka yaitu sebesar 75,77%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Means ends Analysis (MeA) dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas X IIS 4 MAN 1 Padang Lawas.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30