TELAAH KONSEPTUAL DAN PROFESIONALISME BIMBINGAN KONSELING: PERBEDAAN DENGAN PSIKIATER DAN DOKTER
Kata Kunci:
Bimbingan Konseling, Perbedaan Tujuan, Fungsi dan Asas BKAbstrak
Artikel ini mengkaji secara menyeluruh mengenai konsep dasar bimbingan dan konseling (BK), termasuk perbedaan mendasar antara profesi konselor, psikiater, dan dokter dalam menangani permasalahan individu, baik secara psikologis maupun fisik. Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang utuh mengenai peran BK dalam dunia pendidikan serta kehidupan sosial masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research), yaitu dengan menelaah berbagai literatur dan sumber ilmiah yang relevan. Dalam pembahasan dijelaskan secara rinci tujuan BK yang mencakup aspek pengembangan, pencegahan, dan pemulihan; fungsi BK seperti fungsi pemahaman, pengembangan, pencegahan, dan perbaikan; serta asas-asas pelaksanaan BK, antara lain asas kerahasiaan, kesukarelaan, keterbukaan, dan tanggung jawab. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa pemahaman yang tepat terhadap peran masing-masing profesi serta pelaksanaan BK secara profesional dapat membantu individu dalam mencapai keseimbangan emosional, sosial, dan akademik secara optimal.
This article provides a comprehensive overview of the fundamental concepts of guidance and counseling (GC), including the key differences between the roles of counselors, psychiatrists, and medical doctors in addressing individual psychological and physical issues. The purpose of this study is to enhance understanding of the role of guidance and counseling in both educational and social settings. The research method employed is a literature review, analyzing relevant academic and scientific sources. The discussion covers the objectives of guidance and counseling, such as development, prevention, and recovery; its core functions, including understanding, development, prevention, and remediation; and the essential principles of implementation, such as confidentiality, voluntariness, openness, and responsibility. The findings indicate that a proper understanding of each professional role and the ethical application of guidance and counseling practices can significantly support individuals in achieving emotional, social, and academic balance.