PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN BK TERINTEGRASI: MEDIASI, KONSULTASI, DAN ADVOKASI DENGAN KEGIATAN PENDUKUNG BK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

Penulis

  • Cici Saputri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rodia Rotani Rianda Universitas Muhammadiyah Riau
  • M.Ari Khairan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Aida Efendy Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hanestesia Zahara Universitas Muhammadiyah Riau
  • Revi Yulianti Universitas Muhammadiyah Riau
  • M. Iqbal Ramadhan Universitas Muhammadiyah Riau

Kata Kunci:

Layanan BK, Mediasi, Konsultasi, Advokasi, Pendidikan, Model Terintegrasi

Abstrak

Jurnal ini membahas model pelayanan bimbingan dan konseling serta kegiatan pendukung BK untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model pelayanan Bimbingan dan Konseling (BK) yang terintegrasi, yang mengkombinasikan metode mediasi, konsultasi, serta advokasi, didukung oleh aktivitas tambahan BK untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Selama ini, layanan BK sebagian besar berfokus pada pendekatan individu tanpa adanya integrasi fungsi-fungsi strategis yang dapat memperkuat seluruh ekosistem pendidikan. Model yang diciptakan dalam kajian ini ditujukan untuk memperkuat peran guru BK dalam menangani dinamika peserta didik dan membangun kerjasama dengan pihak sekolah, orang tua, serta masyarakat. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang mencakup langkah-langkah analisis kebutuhan, perancangan model, validasi oleh pakar, serta uji coba terbatas di lingkungan sekolah menengah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model layanan BK yang terintegrasi ini layak untuk diterapkan dan efektif dalam meningkatkan keterlibatan semua pihak dalam penyelesaian masalah peserta didik serta menciptakan suasana sekolah yang lebih mendukung peningkatan kualitas pembelajaran. Dampak dari model ini membuka kesempatan untuk meningkatkan peran strategis layanan BK dalam sistem pendidikan secara menyeluruh.

This journal discusses guidance and counseling service models as well as BK support activities to improve the quality of education. This research aims to build an integrated Guidance and Counseling (BK) service model, which combines mediation, consultation and advocacy methods, supported by additional BK activities to improve the quality of education in schools. So far, BK services have largely focused on individual approaches without any integration of strategic functions that can strengthen the entire education ecosystem. The model created in this study is aimed at strengthening the role of guidance and counseling teachers in handling student dynamics and building collaboration with the school, parents and the community. The research methodology uses a Research and Development (R&D) approach which includes needs analysis steps, model design, validation by experts, and limited trials in a secondary school environment. Research findings show that this integrated guidance and counseling service model is feasible to implement and effective in increasing the involvement of all parties in solving student problems and creating a school atmosphere that is more supportive of improving the quality of learning. The impact of this model opens up opportunities to increase the strategic role of guidance and counseling services in the education system as a whole.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30