EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA AKTIVITAS FUNDAMENTAL MATEMATIS PADA KARYA SENI KALIGRAFI SMP BUDI MULIA TELUKJAMBE
Kata Kunci:
Etnomatematika, Aktivitas Fundamental Matematis, Kaligrafi, Konteks BudayaAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi etnomatematika dan aktivitas fundamental matematis yang muncul dalam proses pembuatan karya seni kaligrafi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Subjek terdiri dari dua siswa dan satu pembimbing kaligrafi di SMP Budi Mulia Telukjambe. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi, penyajian data, dan triangulasi. Hasil menunjukkan bahwa dalam kaligrafi ditemukan aktivitas seperti counting, measuring, locating, designing, dan playing, yang mencerminkan konsep matematika seperti perbandingan, simetri, rotasi, dan geometri. Hasil ini menguatkan bahwa etnomatematika dapat menjadi pendekatan yang bermakna dalam pembelajaran matematika kontekstual.
This study aims to explore ethnomathematics and fundamental mathematical activities involved in the creation of calligraphy art. The study employed a qualitative approach with ethnographic methods. Subjects included two students and one calligraphy mentor at SMP Budi Mulia Telukjambe. Data were collected through observation, interviews, and documentation, and analyzed using reduction, presentation, and triangulation techniques. Results show the presence of counting, measuring, locating, designing, and playing activities, reflecting mathematical concepts such as proportion, symmetry, rotation, and geometry. These findings affirm that ethnomathematics offers a meaningful contextual approach to mathematics learning