KAJIAN WACANA KRITIS DALAM DIMENSI TEKSTUAL PADA IKLAN PRODUK KECANTIKAN Y.O.U. (MODEL NORMAN FAIRCLOUGH)

Penulis

  • Nita Nuranasya Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Yening Vebriliana Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Intan Sari Ramdhani Universitas Muhammadiyah Tangerang

Kata Kunci:

Analisis Wacana Kritis, Dimensi Tekstual, Iklan Kecantikan, Produk Y.O.U

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis menganalisis dimensi tekstual dalam iklan produk kecantikan Y.O.U dengan menggunakan model analisis wacana kritis Norman Fairclough. Fokus kajian diarahkan pada tuturan-tuturan yang muncul pada detik 0.17, 0.20, dan 0.22 dalam iklan tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis wacana kritis tiga dimensi, namun difokuskan pada dimensi tekstual. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan Y.O.U menggunakan strategi linguistik yang bersifat persuasif, ilmiah semu, dan emotif. Pilihan diksi seperti “serum dengan 9 B Ning aktif”, “lembut, sehat, berseri”, dan “waktu 28 hari” merepresentasikan kecantikan sebagai sesuatu yang bisa dicapai melalui proses terukur dan sistematis. Struktur kalimat singkat dan imperatif digunakan untuk mempengaruhi perilaku konsumen secara halus. Iklan ini secara tekstual membangun wacana bahwa kecantikan dapat dikendalikan dan diraih melalui produk, serta menciptakan standar kecantikan yang berbasis pada teknologi dan rutinitas. Dengan demikian, dimensi tekstual dalam iklan tidak hanya berfungsi menyampaikan informasi, tetapi juga membentuk ideologi dan nilai konsumen terhadap konsep kecantikan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30