PENGGUNAAN METODE DISKUSI SISWA UNTUK BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 7 PURWOKERTO
Kata Kunci:
Perbincangan, Pelajaran, Nalar MendalamAbstrak
Studi ini dilakukan untuk menelaah bagaimana metode diskusi diterapkan dalam proses belajar-mengajar bahasa Indonesia, sekaligus menggali lebih dalam tentang seberapa efektif metode ini dimanfaatkan. Riset ini menggunakan pendekatan studi literatur, di mana data dikumpulkan melalui proses analisis terhadap teori-teori, pendapat, dan gagasan yang terdapat dalam sumber-sumber cetak seperti buku, jurnal, dan majalah. Metode diskusi akan memperlihatkan interaksi antar peserta didik, seperti keberanian untuk bertanya dan kemampuan menjawab pertanyaan sesuai dengan kapabilitas yang dimiliki, sehingga suasana pembelajaran di kelas menjadi lebih efektif dan peserta didik dapat berpikir lebih kritis dalam berpartisipasi dalam diskusi. Penerapan metode diskusi ini dapat menunjukkan dampak yang signifikan, yaitu peserta didik yang lebih aktif, sehingga pengajar bisa Berikut adalah upaya agar hasil belajar bisa lebih memuaskan.