UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT DI KELAS X MIA 3 MAN 1 PADANG LAWAS

Penulis

  • Nur Kholizah Nasution STKIP Padang Lawas
  • Ali Canra Pulungan STKIP Padang Lawas

Kata Kunci:

Koneksi Matematis, Connected Mathematics Project, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas X MIA 3 MAN 1 Padang Lawas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Proses penelitian ini dalaksanakan dalam dua siklus yang sebelumnya sudah dilaksanakan observasi awal. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas X MIA 3 MAN 1 Padang Lawas yang berjumlah 32 orang siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terlihat adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa setelah diterapkannya Model pembelajaran Connected Mathematics Project, hal ini terlihat dari hasil persentase ketuntasan siswa dari observasi awal sampai siklus I. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I lebih besar dari observasi awal yaitu 46,88% - 37,50% = 9,38%, kemudian persentase ketuntasan siswa pada siklus II lebih besar dari siklus I yaitu 84,38% - 46,88% = 37,50%, sedangkan persentase ketuntasan siswa pada siklus II lebih besar dari Persentase ketuntasan siswa pada observasi awal yaitu 84,38% - 37,50% = 46,88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Model Connected Mathematics Project, dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30