IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MELALUI MEDIA EDUCAPLAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK SMAN 2 MEJAYAN
Kata Kunci:
Team Games Tournament, Media Educaplay, Hasil Belajar Ekonomi, PTKAbstrak
Pembelajaran pada SMAN 2 Mejayan khususnya mata pelajaran ekonomi di kelas XI-4 lebih berfokus pada pembelajaran individual sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Sedangkan peserta didik kelas XI-4 SMAN 2 Mejayan memiliki karakteristik yang aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi serta suka berinteraksi. Dengan mengimplementasikan model pembelajaran TGT melalui media educaplay dapat menyalurkan keaktifan peserta didik dalam kelas, karena TGT adalah model pembelajaran berkelompok dengan adanya turnamen di dalamnya yang membutuhkan interaksi antar peserta didik, apalagi dengan menggabungkan media educaplay yang merupakan media baru untuk peserta didik dengan berbagai permainan di dalamnya yang dapat menarik peserta didik dalam belajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran TGT melalui media educaplay untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi kelas XI-4 SMAN 2 Mejayan pada materi badan usaha dalam perekonomian Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan indikator kinerja yang diterapkan peneliti sebesar 80% dari seluruh jumlah peserta didik yang mendapat nilai >70 berdasarkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang telah di tetapkan sekolah sebesar 71. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini dengan mengimplementasikan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) melalui media educaplay pada peserta didik SMAN 2 Mejayan dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik yang terlihat dari hasil penilaian post test pada siklus I dan II yang mengalami peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas yaitu pada siklus I sebesar 77,14% dengan jumlah peserta didik 27 orang dan meningkat pada siklus II menjadi 94,29% dengan jumlah peserta didik 33 orang.