PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MENGGUNAKAN METODE PROGRAM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) DIKELAS VIII SMP NEGERI 5 CILELES KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN

Penulis

  • Imas Nurmalasari STKIP Arrahmaniyah
  • Dian Listiani STKIP Arrahmaniyah

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Manusia, Program Based Learning, Group Investigation

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia menggunakan dua metode pembelajaran, yaitu Program Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI). Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 5 Cileles, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Metode kuasi eksperimen digunakan dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest). Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode PBL dan GI. Siswa yang belajar dengan metode PBL menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan metode GI. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode PBL lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem pencernaan manusia.

This study aims to compare student learning outcomes on the topic of the human digestive system using two instructional methods: Program Based Learning (PBL) and Group Investigation (GI). The research was conducted in Grade VIII of SMP Negeri 5 Cileles, Lebak Regency, Banten Province. A quasi-experimental method was applied using the Nonequivalent Control Group Design. Data were collected through pretest and posttest instruments. The analysis results indicated a significant difference in learning outcomes between students taught using the PBL method and those taught using the GI method. Students who learned through PBL demonstrated greater improvement in understanding the human digestive system compared to those using the GI method. The study concludes that the PBL method is more effective in enhancing students’ comprehension of the digestive system.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30