PENERAPAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PEMILIHAN PAKET LAYANAN INTERNET PRABAYAR

(Studi Kasus: Mahasiswa FMIPA USU)

Penulis

  • Robiyatul Adawiyah Universitas Sumatera Utara
  • Putri Khairiah Nasution Universitas Sumatera Utara

Kata Kunci:

AHP, Fuzzy AHP, Paket Layanan Internet, Pengambilan Keputusan

Abstrak

Pemilihan paket layanan internet seringkali menjadi tantangan bagi pengguna, mengingat beragamnya pilihan operator dengan spesifikasi layanan yang bervariasi menimbulkan kebingungan dalam menentukan pilihan terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat ketepatan dan efektivitas penerapan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam pemilihan paket layanan internet. Metode ini digunakan untuk menangani ketidakpastian dalam penilaian responden terhadap kriteria dan alternatif keputusan. Proses penelitian dimulai dengan membentuk struktur hierarki, menyusun matriks perbandingan berpasangan berdasarkan skala linguistik, lalu dikonversi ke dalam bilangan fuzzy segitiga. Selanjutnya dilakukan perhitungan bobot prioritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria yang paling berpengaruh dalam pemilihan paket layanan internet adalah harga paket internet dengan bobot 0,288 atau 28,8%, diikuti kualitas jaringan 0,247 atau 24,7%, bonus paket internet 0,236 atau 23,6%, dan layanan kartu operator 0,230 atau 23%. Sedangkan alternatif paket internet yang menjadi prioritas adalah Tri dengan bobot 0,278, diikuti Telkomsel 0,259, XL 0,235, dan Smartfren 0,228. Dengan demikian, metode Fuzzy AHP dapat digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam pemilihan paket layanan internet prabayar yang paling sesuai dengan kebutuhan responden berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

The selection of internet service packages is often a challenge for users, given the wide selection of operators with varying service specifications that cause confusion in determining the best choice. This research aims to measure the level of accuracy and effectiveness of the application of the Fuzzy Analytical Hierarchy Process (AHP) method in selecting internet service packages. This method is used to handle uncertainty in respondents' assessments of decision criteria and alternatives. The research process begins with forming a hierarchical structure, compiling a pairwise comparison matrix based on a linguistic scale, then converted into triangular fuzzy numbers. Furthermore, the calculation of priority weights is carried out. The results showed that the most influential criteria in choosing an internet service package was the price of the internet package with a weight of 0.288 or 28.8%, followed by network quality 0.247 or 24.7%, internet package bonus 0.236 or 23.6%, and operator card service 0.230 or 23%. While the alternative internet package that is prioritized is Tri with a weight of 0.278, followed by Telkomsel 0.259, XL 0.235, and Smartfren 0.228. Thus, the Fuzzy AHP method can be used to assist decision making in selecting prepaid internet service packages that best suit the needs of respondents based on predetermined criteria.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30