MENINGKATKAN CREATIVE THINKING SKILL MELALUI DIFERENSIASI BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PAI UNTUK MENYIKAPI HETEROGENITAS SISWA
Kata Kunci:
Creative Thinking Skill, Diferensiasi, Pendidikan Agama Islam, HeterogenitasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana meningkatkan creative thinking skill melalui model pembelajaran diferensiasi based learning dalam mata pelajaran PAI untuk menyikapi heterogenitas di kalangan siswa. Dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), kemampuan ini penting untuk menumbuhkan cara berpikir reflektif, inovatif, dan kontekstual dalam memahami nilai-nilai keislaman. Namun, heterogenitas peserta didik dalam hal kemampuan, gaya belajar, latar belakang, dan minat menjadi tantangan tersendiri dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi diferensiasi based learning sebagai pendekatan pedagogis yang responsif terhadap keragaman siswa, sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan kreativitas berpikir dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi mampu menciptakan ruang belajar yang adaptif dan inklusif, sehingga peserta didik lebih terfasilitasi dalam mengembangkan potensi kreatifnya. Temuan ini merekomendasikan bahwa guru PAI perlu mendesain pembelajaran yang fleksibel, personal, dan kontekstual guna menjawab tantangan keberagaman serta menyiapkan peserta didik menjadi pembelajar yang kritis dan inovatif.
This study aims to examine how to improve creative thinking skills through differentiation- based learning models in Islamic Education subjects to address heterogeneity among students. In the context of Islamic Education (PAI) learning, this ability is important to foster reflective, innovative, and contextual thinking in understanding Islamic values. However, the heterogeneity of students in terms of ability, learning style, background, and interest becomes a challenge in the learning process. Therefore, this study aims to analyze the implementation of differentiation-based learning as a pedagogical approach that is responsive to student diversity, as well as a means to increase thinking creativity in PAI learning. This research uses the literature study method. The results showed that the implementation of differentiated learning is able to create an adaptive and inclusive learning space, so that students are more facilitated in developing their creative potential. The findings recommend that PAI teachers need to design flexible, personalized, and contextualized learning to respond to the challenges of diversity and prepare students to become critical and innovative learners.