PENGGUNAAN MEDIA DALAM MEMFASILITASI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Komunikasi, Anak Usia Dini, Teknologi Interaktif, VisualAbstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk mengeksplorasi peran dan efektivitas penggunaan berbagai jenis media dalam memfasilitasi komunikasi pembelajaran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran peserta didik kurang berpartisipasi aktif, karena media pembelajaran kurang menarik dan tidak memberikan pengalaman yang konkret. Media seperti buku bergambar, alat peraga visual, musik, video edukatif, dan teknologi interaktif dianalisis dalam konteks kemampuannya untuk meningkatkan interaksi, pemahaman, dan ekspresi diri anak-anak. Penelitian yang relevan ditinjau untuk mengidentifikasi praktik terbaik dan implikasi penggunaan media dalam setting pendidikan. Penelitian ini juga membahas tantangan dan peluang dalam menerapkan dan menggunakan media secara efektif untuk mendukung perkembangan komunikasi anak.
This study was conducted with the main objective of exploring the role and effectiveness of using different types of media in facilitating learning communication in early childhood. In learning, learners lack active participation, because the learning media are less interesting and do not provide concrete experiences. Media such as picture books, visual aids, music, educational videos and interactive technologies are analyzed in the context of their ability to enhance children's interaction, understanding and self-expression. Relevant research is reviewed to identify best practices and implications of media use in educational settings. This research also discusses the challenges and opportunities in implementing and using media effectively to support children's communication development.