MEDIA VISUAL SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
Kata Kunci:
Media Visual, Komunikasi, Interaksi Sosial, Anak, Era DigitalAbstrak
Penelitian ini mengkaji dampak media visual terhadap kemampuan komunikasi dan interaksi sosial anak di era digital. Dengan semakin intensifnya paparan anak terhadap konten visual melalui televisi, animasi, media sosial, dan aplikasi edukatif, penting untuk memahami pengaruh media tersebut terhadap perkembangan sosial mereka. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dari studi-studi terbaru, pendapat para ahli, serta observasi terhadap perilaku anak dalam menggunakan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media visual yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan perolehan bahasa, empati, dan ekspresi emosional anak. Namun, paparan yang berlebihan dan tanpa pengawasan cenderung menyebabkan keterlambatan berbicara, penurunan interaksi langsung, serta perilaku negatif yang ditiru dari tayangan. Penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan media visual secara seimbang dan didampingi orang tua sangat penting agar media dapat mendukung, bukan menghambat, perkembangan sosial anak.
This study explores the impact of visual media on children's communication and social interaction skills in the digital era. With the increasing exposure of children to visual content through television, animations, social media, and educational applications, there is a growing need to understand how these media influence their social development. Using a qualitative descriptive approach, the research gathers data from recent studies, expert opinions, and observations of children’s media use behaviors. The results show that well-designed visual media can enhance children's language acquisition, empathy, and emotional expression. However, excessive and unsupervised exposure often leads to delayed verbal skills, reduced face-to-face interaction, and imitative antisocial behavior. The study concludes that balanced and supervised media usage, along with parental involvement, is crucial in ensuring visual media supports rather than hinders children's social development.