METODE PEMBELAJARAN KEBUDAYAAN ISLAM DI SD/MI

Penulis

  • Mudia Angraeni STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Isma STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Nur Aisyah Syam STAI Al-Gazali Bulukumba
  • A. Gitalis STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Kasma STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Umi Nur Kholifatun STAI Al-Gazali Bulukumba

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bentuk atau metode pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SD/MI Sederajat. Melihat SKI adalah salah satu mata pelajaran yang agak kurang menarik bagi diri siswa dan membuat siswa merasa mengantuk. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif yang termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni melakukan observasi dengan mencari referensi dari internet dengan bacaan yang valid, kemudian mengkaji buku atau artikel sebanyak 10 sesuai dengan permasalahan yang diangkat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu metode yang sering digunakan pada pembelajaran Sejarah kebudayaan islam adalah metode ceramah, metode tanya jawab dan metode diskusi. Selain itu terdapat pula metode lain yang lebih interaktif yang dapat digunakan pada pembelajaran Sejarah kebudayaan islam di SD/MI yaitu metode cerita, metode integratif dan realistis serta metode kisah atau video pendek. Metode pembelajaran ini dapat diperkuat dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran contohnya modul sejarah kebudayaan islam berbasis flipbook, Pemanfaatan aplikasi Zepeto, dan sparkol videoscribe.

The purpose of this research is to understand and describe the forms or methods of teaching in the subject of Islamic Cultural History in elementary schools and equivalent institutions. Seeing that Islamic Cultural History (SKI) is one of the subjects that is somewhat less interesting to students and makes them feel sleepy. The type of research used is qualitative research, which falls under the category of library research. The data collection technique in this research involves conducting observations by searching for references on the internet with valid readings, then reviewing 10 books or articles related to the raised issues. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the methods frequently used in the teaching of Islamic cultural history are the lecture method, the question-and-answer method, and the discussion method. In addition, there are other more interactive methods that can be used in the teaching of Islamic cultural history in elementary schools/Islamic elementary schools, namely storytelling methods, integrative and realistic methods, as well as short story or video methods. This learning method can be enhanced by utilizing technology as a learning medium, such as flipbook-based Islamic cultural history modules, the use of the Zepeto application, and Sparkol Videoscribe.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29