MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN PUZZLE KATA DI KELAS II SD NEGERI 5 BESAKIH

Penulis

  • Ni Wayan Sri Darmayanti ITP Markdeya Bali
  • I Wayan Numertayasa ITP Markdeya Bali
  • Ni Komang Mariani ITP Markdeya Bali

Kata Kunci:

Media Puzzle Kata, Kemampuan Membaca

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia, khususnya keterampilan membaca siswa kelas 2 SD Negeri 5 besakih melalui media puzzle . Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa dalam keterampilan membaca yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang variatif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleks. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksiData dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar (pre-test dan post-test), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada rata-rata nilai siswa dari pra-tindakan ke siklus I dan kemudian ke siklus II. Pada siklus I, siswa menyusun suku kata menJadi sebuah kalimat yang benar , sedangkan pada siklus II, siswa membuat kalimat bertema hobinya .media puzzle ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa Dengan demikian, media puzzle dapat menjadi alternatif solusi pembelajaran yang efektif dan relevan dalam meningkatkan hasil belajar membaca siswa sekolah dasar.

This study aims to improve the learning outcomes of Indonesian language, especially the reading skills of grade 2 students of SDN 5 Besakih through puzzle media. The background of this study is based on the low learning outcomes of students in reading skills caused by the lack of learning motivation and the use of less varied learning methods. The method used is Classroom Action Research (CAR) which is implemented in two cycles. Each cycle includes the stages of planning, implementation, observation, and reflection. The method used is Classroom Action Research (CAR) which is implemented in two cycles. Each cycle includes the stages of planning, implementation, observation, and reflection. Data was collected through observation of student activities, learning outcome tests (pre-test and post-test), and documentation. The results of the study showed a significant increase in the average student score from pre-action to cycle I and then to cycle II. In cycle I, students arranged syllables into a correct sentence, while in cycle II, students made sentences with their hobby themes. This puzzle media can improve student learning outcomes. Thus, puzzle media can be an alternative effective and relevant learning solution in improving elementary school students' reading learning outcomes.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29