ANALISIS KESULITAN MEMBACA KELAS II SDN 003 LUBUK KEBUN KECAMATAN LOGAS TANAH DARAT KABUPATEN KUANSING

Penulis

  • Windi Anika Putri Universitas Islam Riau
  • Fitriyeni Universitas Islam Riau

Kata Kunci:

Analisis Kesulitan Membaca, Kelas II, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ke sulitan membaca yang dialami peserta didik kelas II dan bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesultan membaca peserta didik kelas II SDN 003 Lubuk Kebun kecamatan Logas Tanah Darat kabupaten Kuansing. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II dan guru wali kelas II SDN 003 Lubuk Kebun. Teknik observasi yang digunakan adalah observasi, waancara, dokumentasi, dan tes membaca sebagai pelengkap. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pedoman observasi, lembar pedoman wawancara, lembar pedoman telaah dokumen, dan teks untuk tes membaca. Jenis-jenis kesulitan membaca yang dialami peserta didik yaitu kesulitan mengenali huruf, kesulitan mengeja, kesulitan mengucapkan huruf, tidak memperhatikan tanda baca, kesalahan pergantian huruf, kesulitan melihat jarak jauh, dan kurangnya daya ingat. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didik yaitu menggunakan media pembelajaran, meningkatkan kepercayaan diri dan memotivasi peserta didik, tidak menyalahkan peserta didik atas keadaan yang dialaminya, dan memberikan program membca remedial.

This study aims to determine how reading difficulties are experienced by class II students and how efforts are made by teachers in overcoming reading difficulties of class II students of SDN 003 Lubuk Kebun, Logas Tanah Darat District, Kuansing Regency. The type of research used is a qualitative case study approach. The subjects of this study were class II students and homeroom teachers of class II SDN 003 Lubuk Kebun. The observation techniques used were observation, interviews, documentation, and reading tests as a complement. The research instruments used were observation guide sheets, interview guide sheets, document review guide sheets, and texts for reading tests. The types of reading difficulties experienced by students were difficulty recognizing letters, difficulty spelling, difficulty pronouncing letters, not paying attention to punctuation, letter substitution errors, difficulty seeing at a distance, and lack of memory. Efforts made by teachers in overcoming students' reading difficulties were using learning media, increasing students' self-confidence and motivating them, not blaming students for their circumstances, and providing remedial reading programs.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29