DISCOVERY LEARNING: CARA SERU TINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS SISWA SD
Kata Kunci:
Pendidikan, Minat Belajar, IPS, Discovery Learning, Siswa SDAbstrak
Pendidikan merupakan proses yang bertujuan membimbing peserta didik agar mampu menyesuaikan diri secara optimal dengan lingkungan, sehingga terjadi perubahan positif dalam diri individu yang memungkinkan mereka berperan aktif dan efektif dalam kehidupan bermasyarakat. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di jenjang sekolah dasar kerap dipandang kurang menarik oleh siswa, yang berdampak pada rendahnya minat mereka dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Pendekatan ini menekankan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, di mana mereka diarahkan untuk menemukan sendiri konsep-konsep penting melalui pengalaman langsung, kegiatan observasi, dan proses penyelidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi pustaka (library research), yang mengkaji berbagai sumber ilmiah terkait penerapan Discovery Learning dalam pembelajaran IPS. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode Discovery Learning efektif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan rasa ingin tahu, serta memfasilitasi pemahaman konsep secara lebih mendalam. Temuan ini mendukung penggunaan Discovery Learning sebagai strategi inovatif dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar guna meningkatkan minat belajar siswa.
Education is a process that aims to guide students to be able to adapt optimally to the environment, so that positive changes occur in individuals that enable them to play an active and effective role in community life. Social Sciences (IPS) subjects in elementary schools are often considered less interesting by students, which results in their low interest in participating in learning. This study aims to increase students' interest in learning IPS subjects by implementing the Discovery Learning learning model. This approach emphasizes students' active participation in the learning process, where they are directed to discover important concepts themselves through direct experience, observation activities, and investigation processes. This study was conducted using a library research method, which examines various scientific sources related to the application of Discovery Learning in IPS learning. The results of the study show that the Discovery Learning method is effective in creating a pleasant learning atmosphere, increasing curiosity, and facilitating a deeper understanding of concepts. These findings support the use of Discovery Learning as an innovative strategy in IPS learning in elementary schools to increase students' interest in learning.