IMPLEMENTASI MANAJEMEN E-LEARNING MODEL ADDIE PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI MTs NEGERI 1 LEBAK
Kata Kunci:
Model ADDIE, E-Learning, Informatika, Efektivitas PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dalam pengembangan materi pembelajaran untuk mata pelajaran Informatika di MTs Negeri 1 Lebak. Metodologi yang digunakan meliputi analisis kebutuhan siswa, perancangan modul pembelajaran, pengembangan konten e-learning, dan evaluasi efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ADDIE secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep dasar pemrograman dan penggunaan perangkat lunak, khususnya Microsoft Office dan sistem manajemen konten (CMS). Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa integrasi model ADDIE dalam lingkungan e-learning meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan desain instruksional yang lebih baik dalam pendidikan Informatika.
This research aims to apply the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) in the development of learning materials for the subject of Informatics at MTs Negeri 1 Lebak. The methodology used includes student needs analysis, instructional module design, e-learning content development, and learning effectiveness evaluation. The research results show that the application of the ADDIE model significantly improves students' understanding of basic programming concepts and software usage, particularly Microsoft Office and content management systems (CMS). Additionally, this study found that the integration of the ADDIE model in the e-learning environment enhances student engagement and learning effectiveness. These findings make an important contribution to the development of better instructional design in Informatics education