BUDAYA SEKOLAH SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN IPS

Penulis

  • Alfatah Nur Khasanah Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
  • Egy Alya Destriani Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali
  • Asri Nur Kholifah Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali
  • Riani Endah Prastik Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali
  • Nina Saputri Universitas Nahdlatul ulama Al Ghazali
  • Gigih Winandika Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali

Kata Kunci:

Pembelajaran IPS, Karakter Sosial, Budaya Sekolah, Siswa

Abstrak

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang memiliki peran strategis dalam membentuk karakter sosial peserta didik sejak dini. Pembelajaran IPS di sekolah dasar menjadi dasar dalam menanamkan pemahaman tentang nilai-nilai sosial, kehidupan bermasyarakat, dan sikap sebagai warga negara yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran IPS terhadap pembentukan karakter sosial peserta didik di SDN Karang Jengkol 01. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru di sekolah dasar. Hasil observasi menunjukkan bahwa peserta didik menunjukkan karakter sosial yang cukup berkembang, seperti kemampuan bersosialisasi, empati, kedisiplinan, tanggung jawab, dan perilaku sopan. Budaya sekolah seperti memberi salam, berdoa bersama, dan kerja sama antarsiswa terbukti mendukung nilai-nilai IPS yang diajarkan dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa budaya sekolah berperan penting dalam membentuk karakter sosial peserta didik dan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran IPS di sekolah dasar.

Social Studies (IPS) is a subject that plays a strategic role in shaping students’ social character from an early age. Social Studies learning at the elementary school level serves as the foundation for instilling values related to social life, community involvement, and attitudes as responsible citizens. This study aims to describe the implementation of Social Studies learning in shaping students’ social character at SDN Karang Jengkol 01. This research employed a descriptive qualitative method with data collected through observation, interviews, and documentation. The subjects of this study were elementary school students and teachers. The results of the observation showed that students demonstrated well-developed social character traits, such as the ability to socialize, empathy, discipline, responsibility, and politeness. School culture practices such as greeting, praying together, and collaboration among students were found to support the values taught in Social Studies learning. Thus, it can be concluded that school culture plays an important role in shaping students’ social character and supports the achievement of Social Studies learning objectives in elementary schools.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29