MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA PEMBELAJARAN IPS
Kata Kunci:
Mind Mapping, Hasil Belajar, IPS, Sekolah Dasar, Studi PustakaAbstrak
Penelitian ini merupakan kajian pustaka yang bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kajian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur terhadap sepuluh artikel ilmiah yang terbit dalam lima tahun terakhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan Mind Mapping secara konsisten memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar, keterlibatan aktif siswa, serta pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, model ini juga terbukti dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik. Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam implementasinya, seperti keberagaman bentuk hasil kerja siswa dan keterbatasan dalam evaluasi, Mind Mapping tetap dipandang sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif, adaptif, dan relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di tingkat sekolah dasar.
This study is a literature review aimed at analyzing the effectiveness of the Mind Mapping learning model in improving elementary school students’ learning outcomes in Social Studies (IPS) subjects. The research employs a qualitative descriptive approach through a systematic review of ten scientific articles published within the last five years. The findings indicate that the application of Mind Mapping consistently has a positive impact on students’ academic performance, active engagement, and the development of critical and creative thinking skills. Moreover, the model has been shown to enhance students' learning motivation and interest. Despite certain implementation challenges such as the variation in students’ outputs and assessment difficulties Mind Mapping remains a relevant, adaptive, and effective pedagogical approach for Social Studies learning at the elementary level