Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Modeling terhadap Perencanaan Karir Siswa Jurusan DPIB Kelas XII SMKN 14 Medan T.A 2023/2024.
Kata Kunci:
Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling, Perencanaan KarirAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik modeling terhadap perencanaan karir siswa kelas XII DPIB di SMK Negeri 14 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pemilihan sampel Purposive (One Group Pre-test dan Pos-test). Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XII DPIB SMK Negeri 14 Medan dengan jumlah sampel 8 orang siswa yang memiliki perencanaan karir yang rendah. Berdasarkan validasi dengan responden 31 siswa kelas XII DPIB, diperoleh rhitung > rtabel = 0,442 > 0,355. maka dapat dikatakan bahwa butir item dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas diperoleh r11 0.854 dalam kategori sangat reliabel. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok. Hasil pre-test menunjukkan bahwa skor rata-rata adalah 65,5, sedangkan skor rata-rata post-test mencapai 108,4. Selisih antara skor pre-test dan post-test adalah sekitar 42,9. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 65% dalam bidang perencanaan karir setelah siswa menerima layanan kelompok bimbingan dengan menerapkan teknik modeling.