PENGGUNAAN GOOGLE SITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Google Sites, EfektivitasAbstrak
Penelitian ini didasari oleh rendahnya capaian hasil belajar matematika siswa sekolah dasar, yang salah satu penyebab utamanya adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bersifat inovatif. Di tengah kemajuan teknologi saat ini, pemanfaatan teknologi informasi seperti Google Sites dinilai berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui. sejauh mana efektivitas penggunaan Google Sites terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN 067098. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. dengan desain eksperimen, di mana data dikumpulkan dari satu kelompok siswa melalui pretest dan posttest, lalu dianalisis menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank, diperoleh nilai signifikansi Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang berada di bawah batas signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan website Google Sites dalam pembelajaran memberikan pengaruh yang nyata terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN 067098.
This research is based on the low achievement of mathematics learning outcomes of elementary school students. One of the main causes is the lack of use of innovative learning media. Learning media that is innovative. In the midst of current technological advances, utilization of information technology such as Google Sites is considered to have the potential to improve the quality of learning. The purpose of this research is to determine the effectiveness of the use of Google Sites on the mathematics learning achievement of grade III SDN 067098. The method used is a quantitative approach. with an experimental design, in which data is collected from one group of students through pretest and posttest, then analyzed using SPSS. Based on the results of the analysis using the Wilcoxon Signed-Rank test, obtained a significance value of Asymp. Sig. (2-tailed) of 0.000, which is below the significance limit of 0.05. This shows that there is a significant difference between the students' pretest and students' posttest scores. Thus, it can be concluded that the use of Google Sites in learning has a real effect on improving mathematics learning outcomes of third grade students at SDN 067098.