PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN HARIAN DI SDIU CAHAYA AL-FATIH

Penulis

  • Khofiyatunnida Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • A. Syahruroji Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Kata Kunci:

Pembiasaan, Karakter Siswa, Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kegiatan pembiasaan harian dalam membentuk karakter siswa SDIU CAHAYA AL-FATIH. Mencari karakter apa yang hendak dibentuk dalam setiap program kegiatan pembiasaan sehingga menjadi kebiasaan yang baik bagi peserta didik. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif,dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskritif.Pada pendekatan ini, peneliti mengumpulkan data dan pengolahan data yang didapat dari berbagai sumber informasi. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan guru. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi,situs web,dan sebagianya.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program pembiasaan harian yang dilaksanakan di SDIU CAHAYA AL-FATIH hasil penelitian menemukan bahwa: 1). Sambut Guru dan siswa pada saat masuk sekolah, 2). Kegiatan Spiritual Habits (sholat dhuha, dzikir, sholawat, murojaah dan asmaul husna), 3). BTQ (Baca Tulis Al-qur’an), 4). Program bahasa, Program Tahfidz, Reading time dan doa-doa harian, 5). Sholat Dzuhur Berjama’ah, 6). Jum’at Taqwa.Dengan hal tersebut pihak sekolah terus berupaya secara optimal dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pembiasaan guna membentuk karakter siswa siswi dengan cara melakukan program-program pembiasaan yang dinamis.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-01