ANALISIS PENGGUNAAN AI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN JUNCANGCANG 3Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran berbasis gamifikas
Kata Kunci:
Artificial Intelligence, Gamifikasi, Motivasi Belajar, Pembelajaran DigitalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran berbasis gamifikasi serta dampaknya terhadap motivasi belajar siswa di SDN Juncangcang 3. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara terhadap guru-guru di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi AI dalam pembelajaran gamifikasi mampu meningkatkan motivasi siswa secara signifikan. Elemen-elemen gamifikasi seperti poin, lencana, dan tantangan terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan semangat belajar siswa. Selain itu, AI memberikan manfaat dalam bentuk umpan balik instan dan pembelajaran yang dipersonalisasi. Namun demikian, ditemukan pula tantangan seperti keterbatasan pelatihan guru dan kurangnya sumber daya pendukung. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan profesional berkelanjutan bagi guru serta dukungan institusi dalam implementasi teknologi ini secara optimal di lingkungan sekolah dasar.