OPTIMALISASI NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SMA N 7 MEDAN

Penulis

  • Abigael Siallagan Universitas Negeri Medan
  • Johana Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Lidia Rumapea Universitas Negeri Medan
  • Jamaludin Universitas Negeri Medan
  • Sri Yunita Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Citizenship, Problem Solving, Values, Ppkn

Abstrak

Kewarganegaraan menjadi aspek penting dalam pendidikan untuk membentuk generasi yang peduli terhadap masyarakat dan negara. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memegang peranan krusial dalam memperkenalkan nilai-nilai kewarganegaraan kepada siswa. Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan implementasi nilai-nilai tersebut, penggunaan model pembelajaran yang efektif menjadi hal yang sangat relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran problem solving dalam mengoptimalkan pemahaman nilai-nilai kewarganegaraan di kalangan siswa SMA N 7 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dalam pembelajaran PPKn menghasilkan peningkatan signifikan dalam pemahaman nilai-nilai kewarganegaraan di antara siswa. Siswa yang belajar melalui model ini menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi, kemampuan analisis yang lebih baik, dan peningkatan kemampuan dalam menyelesaikan masalah-masalah terkait kewarganegaraan. Temuan ini memberikan dukungan kuat terhadap penggunaan model pembelajaran problem solving sebagai strategi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai kewarganegaraan di kalangan siswa SMA. Implikasi dari penelitian ini menegaskan perlunya penerapan model-model pembelajaran inovatif dalam konteks PPKn guna membantu siswa menjadi warga negara yang berdaya, berpikiran kritis, dan aktif dalam memecahkan masalah-masalah sosial.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-01