OPTIMALISASI MUSEUM SEJARAH SUNAN DRAJAT: MENGENAL SEJARAH DI LAMONGAN
Kata Kunci:
Museum Sejarah, Sunan Drajat, Sejarah LamonganAbstrak
Museum merupakan salah satu tempat yang menjadi sarana pembelajaran sejarah yang ada di Indonesia. Museum diberdayakan untuk mencerminkan peradaban suatu bangsa. Museum bukan hanya menjadi tempat penyimpan artefak yang bersifat dinamis namun juga memberikan fasilitas pengetahuan sejarah yang bersifat konstruktif. Museum sebagai salah satu pendukung pembelajaran dalam pendidikan sejarah yang dikolaborasikan secara terstruktur dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mencapai pembelajaran yang tinggi. Peristiwa sejarah yang dapat dipahami oleh siswa melalui museum yang memberikan informasi sejarah secara konkret. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui berbagai sudut pandang peran museum dalam memaksimalkan pembelajaran sejarah. Metode penelitian yang dipergunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Temuan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa Museum Sunan Drajat berperan penting dalam pembelajaran sejarah khususnya dalam sejarah yang ada di Kabupaten Lamongan.
Museums are one of the places that are a means of learning history in Indonesia. Museums are empowered to reflect the civilization of a nation. Museums are not only a place to store dynamic artifacts but also provide constructive historical knowledge facilities. Museums as one of the learning supporters in history education that is collaborated in a structured manner can be an effective way to achieve high learning. Historical events can be understood by students through museums that provide concrete historical information. This research aims to find out the various perspectives of the museum's role in maximizing history learning. The research method used is qualitative research with a descriptive approach. The results of this study indicate that the Sunan Drajat Museum plays an important role in learning history, especially in the history of Lamongan Regency.