PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL GENERASI Z DI SMA NEGERI 1 BASO

Penulis

  • Dwi Lestari Universitas Negeri Padang
  • Elva Rahma Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Dalam Meningkatkan Literasi Digital, Generasi Z

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana perpustakaan sekolah berperan dalam meningkatkan literasi digital di kalangan siswa generasi Z di SMAN 1 Baso. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini melibatkan dua kelompok informan: sepuluh siswa dan seorang pustakawan sebagai informan utama, serta para guru sebagai informan pendukung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan validitas data.Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1)Perpustakaan di SMAN 1 Baso telah melaksanakan perannya dalam mendukung literasi digital generasi Z dengan cukup baik, meskipun terdapat beberapa keterbatasan dalam aspek koleksi dan fasilitas.(2)Penting bagi pimpinan sekolah untuk memberikan perhatian lebih agar perpustakaan dapat memenuhi standar ideal dan kebutuhan informasi generasi Z yang lebih berorientasi pada teknologi.(3)Pimpinan di SMAN 1 Baso perlu meningkatkan dukungan sistem terkait perpustakaan untuk lebih efektif dalam meningkatkan literasi digital.

This research aims to explore how school libraries play a role in enhancing digital literacy among Generation Z students at SMAN 1 Baso. Using a qualitative research method with a descriptive approach, this study involved two groups of informants: ten students and a librarian as the main informant, along with teachers as supporting informants. Data were collected through observation, interviews, and documentation, utilizing source triangulation techniques to ensure data validity.The results of this study indicate that (1) the library at SMAN 1 Baso has performed its role in supporting digital literacy for Generation Z quite well, although there are some limitations in terms of collections and facilities; (2) it is important for school leadership to pay more attention so that the library can meet the ideal standards and the information needs of Generation Z, which are more technology-oriented; (3) the leadership at SMAN 1 Baso needs to enhance the support system related to the library to be more effective in improving digital literacy.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30