UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG BERVARIASI
Kata Kunci:
Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan MenulisAbstrak
Keterampilan membaca dan menulis sangat penting bagi siswa sekolah dasar terutama kelas rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan diskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas rendah, guru, dan orang tua siswa. “keterampilan adalah kemampuan untuk menerjemahkan pengetahuan ke dalam praktik, sehingga tujuan yang diinginkan tercapai. Guru memakai media untuk menunjang pembelajaran. Media yang digunakan seperti power point. Di dalam power point berisi materi pelajaran, guru juga memberikan teks bacaan yang nantinya siswa membacakan secara bergilir dan menjawab sebuah pertanyaan. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca dan menulis dengan menggunakan Media Pembelajaran yang Bervariasi. keterampilan membaca dan menulis siswa kelas rendah yaitu masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis. Kesulitan yang dihadapi siswa kebanyakan mengalami masalah membedakan huruf.
Reading and writing skills are very important for elementary school students, especially lower grades. This study uses a qualitative method using a descriptive approach. The subjects in this study were lower grade students, teachers, and parents of students. "skills are the ability to translate knowledge into practice, so that the desired goals are achieved. Teachers use media to support learning. The media used are like power points. In the power point contains lesson materials, the teacher also provides reading texts that students will later read in turns and answer a question. Efforts to Improve Reading and Writing Skills by Using Varied Learning Media. reading and writing skills of lower grade students, namely there are still some students who have difficulty in reading and writing. The difficulties faced by students are mostly having trouble distinguishing letters.