JENIS DAN PROSES EVALUASI PENDIDIKAN
Kata Kunci:
Evaluasi Pendidikan, Proses, JenisAbstrak
Evaluasi adalah suatu tahap yang penting dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. Karena Evaluasi merupakan suatu komponen dari sistem pendidikan sebagai alat untuk mengukur keberhasilan yang akan dicapai peserta didik dalam proses pendidikan. Evaluasi pendidikan juga sebagai suatu proses penilaian guru dalam pertumbuhan siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya evaluasi pendidikan dapat mempermudah guru untuk mengukur atau mengetahui kemajuan yang dicapai oleh peserta didik. Maka dari itu, guru harus dapat melakukan tahap-tahap evaluasi itu dengan benar. Tetapi pada kenyataannya saat ini, dalam dunia pendidikan masih ada tenaga pendidik yang belum melakukan proses evaluasi itu dengan baik. Karna diakibatkan kurangnya pengetahuan yang dimiliki guru dari proses evaluasi tersebut. Dan maka dari itu perlu adanya pengetahuan dari konsep peranan evaluasi sampai langkah-langkah bagaimana melaksanakan evaluasi mendapatkan hasil evaluasi peserta didik dengan baik. Proses evaluasi pendidikan dilakukan pendidik melalui pengumpulan tentang ketercapaian pada proses belajar peserta didik melalui dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ada pada diri peserta didik dan dilihat dari keberhasilan hasil belajar peserta didik. Jenis evaluasi yang dilakukan guru yaitu dengan melakukan pengukuran dan penilaian pada murid, oleh karena itu akan menghasilkan ketercapaian murid dengan maksimal.
Evaluation is an important activity carried out by educators in the learning process. Because evaluation is a component of the education system as a tool for measuring the success that students will achieve in the education process. Educational evaluation is also a process of teacher assessment of student growth in the teaching and learning process. With educational evaluation, it can make it easier for teachers to measure or find out the progress achieved by students. Therefore, educators must be able to carry out evaluation activities correctly. However, the reality is that currently, in the world of education there are still many educators who have not implemented the evaluation process well. One of the causes is the lack of knowledge that educators have about evaluation itself. So knowledge is needed about the concept of the role of evaluation and the procedures for carrying out evaluations in order to obtain good student evaluation results. The educational evaluation process is carried out by educators by collecting students' learning achievements in the attitude aspect, knowledge aspect and skills aspect by looking at the progress of students' learning outcomes. This type of learning evaluation involves measuring and assessing students, so that it can produce maximum student achievement.